Kamis, 21 Mei 2009

TITANIC


Titanic adalah sebuah film produksi tahun 1997 yang diedarkan oleh Paramount Pictures20th Century Fox. Film ini disutradarai oleh James Cameron. Bisa dikatakan bila film ini merupakan hasil remake dari film berjudul dan bertema serupa buatan tahun 1953 dan

Alur cerita film ini adalah mengenai RMS Titanic yang tenggelam dalam perlayaran perdananya pada awal tahun 1912. Film ini memenangkan 11 Academy Awards yang diselenggarakan pada tanggal 23 Maret 1998. Film ini juga berhasil menjadi film box officenothing on earth could come between them" atau dalam bahasa Indonesia berarti "tiada sesuatu pun di bumi yang sanggup memisahkan mereka". terbesar dalam sejarah perfilman. Kata mutiara terkenal yang disebarkan oleh film ini adalah "




Ternyata di balik gambar Rose DeWitt Bukater mempunyai kisah yang menarik yakni sebuah kisah percintaan dua anak manusia yang tidak lekang dimakan masa. Di kapal naas tersebut, Rose yang diperankan oleh Kate Winslet, sedang dalam perjalanan untuk menikah dengan seorang pengusaha kaya, yang juga sekapal dengannya. Namun dalam pelayaran kapal Titanic yang ingin berusaha memecahkan rekor pelayaran lintas Atlantik, Rose ternyata jatuh cinta kepada seorang pemuda miskin yang bernama Jack Dawson, yang diperankan oleh aktor Leonardo DiCaprio.

Jack, seorang artis dan penumpang kelas tiga mampu menyalakan api cinta dalam Rose sehingga mereka pun terlibat dalam sebuah kisah cinta yang menyentuh hati. Akankah kisah kasih Jack dan Rose berakhir ketika kapal Titanic menghantam sebuah gunung es di laut Arctic ?

Film ini diarahkan oleh sutradara terkenal James Cameron, yang pernah menggemparkan dunia perfilman dengan film Terminator (1984) yang kemudian disusul dengan film "Aliens" (1986). Di tahun 1991, ia membuat sekuel "Terminator", yakni "Terminator II: The Judgement Day" dan berbagai film-film "box office"-nya. Jadi tidak heran kalau tangan dinginnya mampu membuat karya kolosal "Titanic" dengan budget yang luar biasa besar yakni 200 juta dolar Amerika. Lantaran budget yang begitu besar, ia sempat menghadapi keberatan dari studio sehingga James Cameron rela mengorbankan honornya. Ternyata film yang dibuat di berbagai lokasi seperti di Bellmont Olympic Pool, Long Beach, California, dan Halifax, Nova Scotia, Kanada serta lokasi reruntuhan kapal Titanic di Atlantik Utara, berhasil mencetak rekor pendapatan tertinggi di sepanjang masa.

Selain itu, film"Titanic" juga berhasil memperoleh berbagai penghargaan, seperti memborong 11 piala Oscar dari Academy Awards, yakni untuk kategori Best Picture, Best Cinematography, Best Sound, Best Music, Song, Best Music, Original Dramatic Score, Best Film Editing, Best Effect, Visual Effect, Best Effect, Sound Effect, Best Director, Best Art Direction-Set Decoration, dan Best Costume Designs.

1 komentar:

  1. saya suka sekali dengan film ini, karena gara" film ni saya mempunyai semangat lagi untuk tetap hidup lebih lama lagi, dan sekarang saya sedang membuat artikel tentang Titanic dan semua yang ada di dalamnya.....

    BalasHapus